Destinasi wisata Karangasem Bali yang religius 

destinasi wisata di Karangasem Bali

Destinasi wisata Karangasem Bali yang religius 

Karangasem adalah salah satu kabupaten di Bali yang memiliki motto berkat perlindungan dharma untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Karangasem memiliki dua buah pelabuhan yaitu pelabuhan Tanah Ampo dan pelabuhan Bai. Di kabupaten ini juga terdapat pura terbesar yang ada di Bali yaitu Pura Besakih.

Karangasem memiliki berbagai jenis destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Berikut Daftar destinasi wisata di Karangasem Bali yang unik dan wajib Anda kunjungi ketika di Bali yang menginginkan tempat wisata religi yang nyaman dan menenangkan batin. 

Pura terbesar: Pura Besakih 

Pura Besakih tepatnya di pura basukian merpakan tempat dimana wahyu tuhan pertama kali diterima oleh Hyang Rsi Markendya sebagai cikal bakal agama Hindu Dharma di Bali. Pura Besakih menjadi pusat semua kegiatan pura yang ada di Bali.

Pura Besakih ini telah masuk dalam daftar pengusulan situs UNESCO sebagai wisata dunia sejak 1995. Bangunan pura yang besar dengan pemandangan yang  indah dan juga suasana sakral di pura Besakih membuatnya menjadi tempat yang sangat cantik. 

destinasi wisata di Karangasem Bali

Gunung Agung 

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Di lereng gunung merupakan lokasi Pura Besakih yang merupakan pura terbesar di Bali. Gunung Agung adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang besar dan dalam membuat gunung ini masih mengeluarkan uap air dan asap.

Masyarakat Hindu percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya dewa dan juga ada istana dewa, karena adanya kepercayaan itu masyarakat sekitar menjadikan Gunung Agung sebagai tempat keramat yang suci. Untuk para pendaki sebaiknya tidak membawa makanan yang berbahan sapi.

Gunung agung memiliki pemandangan indah dari gunung ini Anda bisa melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di NTB. Pemandangan dari segala penjuru Bali juga bisa Anda temukan dari puncak Gunung Agung. 

Taman Ujung 

Taman ujung atau yang dikenal juga dengan nama Taman Sukasada merupakan istana air yang dibangun sejak zaman Hindia Belanda. Menjadi salah satu destinasi wisata di Karangasem Bali yang unik karena tidak ditemukan ditempat lain. Lokasinya ada di Tumbu, Kecamatan Karangasem.

Taman Ujung ini dibangun oleh Raja Karangasem I yaitu Gusti Bagus Jelantik. Awal mula dibangun luasnya mencapai 400 hektare, namun pada masa reformasi kebanyakan tanah yang dipakai dibagikan kepada masyarakat untuk tempat tinggal. 

Tirta Gangga 

Tirta Gangga merupakan destinasi wisata di Karangasem Bali bekas istana kerajaan Karangasem. Terletak di bagian timur dari Pulau Bali dekat dengan Gunung Agung. Taman ini terkenal dengan istana airnya yang dahulu dimiliki istana Karangasem. Nama Tirta Gangga memiliki arti air yang berasal dari sungai Gangga merupakan bentuk penghormatan bagi masyarakat Hindu di Bali.

Tirta Gangga adalah labirin kolam air mancur yang dikelilingi oleh taman dengan pohon yang rimbun dan berbagai patung yang mengelilinginya. Di Tirta Gangga ini Anda bisa melihat indahnya sawah berundak yang ada sangat terkenal di Karangasem. 

Kabupaten Karangasem memiliki keunikan dari segi wilayah karena terdapat gunung dan juga pelabuhan. Destinasi wisata di Karangasem Bali didominasi oleh wisata religi bagi penganut agama Hindu yang merupakan mayoritas agama di Bali.

Selain daftar diatas tempat wisata lain yaitu Pura Pasar Agung, Bukit Jambul, Kebun Salak Sibetan, Candidasa, Tulamben, Amed, Lambuan Amuk, Pantai Bias Tugel, Pantai Perasi atau virgin beach dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Anda Bisa Menggunakan Jasa sewa mobil badung murah Untuk mengunjungi destinasi tersebut